Kamis, 29 September 2016

Membuat Program Luas Persegi Panjang

Jika pada postingan sebelumnnya kita sudah membahas bagaimana cara membuat sebuah program yang paling sederhana dengan menggunakan bahasa Java, nah kali ini kita akan menghitung luas persegi panjang dengan menggunakan bahasa Java. Sebagai contoh kita ingin menghitung luas dari sebuah persegi panjang yang diketahui memiliki panjang 7cm dan lebar 10cm  (sumber kasus : menuntut-bekal.blogspot.co.id)
sumber : (http://menuntut-bekal.blogspot.co.id/2013/07/cara-menghitung-luas-persegi-panjang.html)
Kemudian ditentukan rumus Luas = Panjang x Lebar, sehingga didapat luas persegi panjang sebesar 70cm. Sekarang, bagaimana  kita dapat menerapkan rumus ini pada bahasa pemrograman java? maka terlebih dahulu kita deklarasikan 3 buah variabel yaitu Luas, Panjang, dan Lebar dimana ketiga variabel ini bertipe data integer atau bilangan bulat (perhatikan kode pada baris 4)
public class HitungLuas {
  
 public static void main(String args[]){
  int luas,panjang,lebar ;
  panjang=7;
  lebar=10;
  luas = panjang*lebar;
  System.out.println("Luasnya adalah : "+luas);
 }
}
" int " pada baris 4 berarti kita menentukan nilai dari ketiga variabel adalah bilangan bulat, karena program yang kita buat kali ini belum dinamis yang artinya nilai panjang dan lebarnya kita tentukan terlebih dahulu dalam coding sehingga untuk variabel panjang kita beri nilai integer 7 dan dan variabel lebar kita beri nilai integer 10 seperti pada baris 5 dan 6. Kemudian kita kalikan nilai dari variabel panjang dan lebar, nilai dari hasil perkaliannya ditampung pada variabel luas (baris 7) dan dioutputkan seperti pada baris ke 8 dengan menyisipkan variabel luas untuk  memanggil nilai dari variabel luas ( "Luasnya adalah : " +luas  ). Berikut adalah hasil compile dari program yang sudah dibuat (perhatikan tab console)

 
 Kesimpulan :
  • Ketika kita memulai membuat suatu program, maka terlebih dahulu kita deklarasikan variabel berikut tipe data yang digunakan (tipe data ada bermacam-macam)
  • Karena program yang dibuat belum menerapkan OOP maka dari variabel, nilai variabel, algoritma penghitungan luas persegi panjang, hingga outuput perkaliannya semuanya diletakkan pada main method
  • Karena program masih bersifat statis maka nilai dari variabel harus ditentukan terlebih dahulu, dan jika variabel bersifat integer maka nilai variabel juga harus bernilai integer
  • Selalu ada variabel untuk menampung dan meng-outputkan hasil perhitungan 
Baiklah, semoga tutorial yang disampaikan tadi bermanfaat untuk anda yang baru memulai untuk mempelajari pemrograman Java, pada postingan selanjutnya kita akan membuat bagaimana program yang kita buat ini menjadi dinamis (nilai panjang dan lebar sesuai inputan user). Terimakasih sudah berkunjung dan Sampai jumpa pada postingan selanjutnya :) .

0 komentar:

Posting Komentar